Rakyat Network

Media Online Aggregator Indonesia

Nokia dikenal sebagai merk HP asal Finlandia yang cukup populer di tahun 2000an, namun meredup belakangan ini. Setelah sebelumnya lebih memilih menggunakan sistem operasi Symbian atau Windows Phone, kini Nokia kembali mencoba peruntungannya dengan merilis smartphone bersistem operasi Android.

Hal tersebut cukup beralasan mengingat OS Android saat ini digunakan oleh sebagian besar smartphone. Maka dari itu, Nokia sebisa mungkin menciptakan produk ponsel pintar terbaik yang cocok dan sesuai dengan selera konsumen saat ini.

Di artikel lain, kami membahas HP Nokia terbaru. Anda bisa membacanya pada artikel berikut.

20 HP Nokia Terbaru Beserta Harga & Speknya

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas daftar HP Nokia keluaran terbaru yang menggunakan sistem operasi Android. Penasaran apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Nokia G400

Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 480+
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
48 MP
(wide)


5 MP
(ultrawide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Nokia G400 hadir secara global dengan harga Rp3,5 juta, dan HMD Global pun membekalinya dengan fitur yang biasanya hanya dimiliki ponsel flagship. Ya, ponsel hadir dengan refresh rate 120 Hz di layar sehingga animasi saat scrolling antarmuka dan medsos bisa terlihat 2x lipat lebih mulus dibanding 60 Hz konvensional.

Ponsel ini pun sudah hadir dengan jaringan seluler 5G terlepas dari harganya yang terjangkau. Bukan cuma itu, ia pun menawarkan fitur NFC agar pengguna bisa mengecek saldo eMoney dengan begitu mudanya.

Dapur pacunya pun sudah tergolong lumayan kencang untuk di harganya, kendati menggunakan chipset Qualcomm seri 400. Setidaknya, chipset ini sudah bawakan mikroarsitektur Cortex A76 agar pengalaman gaming terasa lancar.

Tidak perlu bergantung lagi kepada power bank, lantaran ponsel ini sudah dimodali dengan baterai 5.000 mAh yang begitu tahan lama. Di kala habis, bisa diisi lagi dengan cepat hingga full berkat fast charging 20 W. Hanya butuh waktu 2 jam-an.

Nokia G400 merupakan ponsel 5G dengan spesifikasi all-rounder yang cocok digunakan pada segala kondisi. Terlebih bagi Anda yang mendambakan ponsel dengan konektivitas unggul.

2. Nokia G11 Plus

Nokia G11 Plus
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset Unisoc T606
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Nokia G11 Plus akan pas untuk siapapun yang ingin ponsel berkualitas namun tidak punya budget besar. Ponsel ini merupakan entry-level yang punya performa gahar di kelasnya, dibanderol dengan harga rilis 130 euro taau sekitar Rp1,9 jutaan.

Soalnya, sudah ada dapur pacu Unisoc T606 dengan kemampuan clock speed hingga 1.6 GHz. Sebagai klaster performa tingginya, sudah dimodali dengan Cortex A75 yang sanggup mengangkat gim berat dengan lebih lancar.

Nokia G11 Plus juga telah dirancang dengan ketahanan bodi yang baik, Dan juga, ia tidak akan mengecewakan dari sisi ketahanan baterai. Kapasitas 5.000 mAh miliknya disinyalir bisa bertahan hingga 3 hari lamanya.

Pengguna juga bisa rasakan pengalaman multi-tasking yang cukup lancar lantaran HP ini punya RAM 4 GB yang dipadankan dengan storage 64 GB (eMMC 5.1). Jika dirasa kurang lega, storage bisa diperluas melalui slot microSDXC terpisah.

Nokia G11 Plus turut hadir dengan kemampuan fotografi yang layak. Dengan kamera 50 MP, pengguna bisa hasilkan jepretan dengan detil cukup memuaskan. Sayangnya, tidak tersedia kamera ultrawide di HP ini.

Ponsel ini akan terasa cocok untuk penggunaan harian seperti gim, menonton YouTube, bermedsos ria, ataupun yang lainnya. Tanpa membuat kantong jebol lantaran harganya yang terjangkau.

3. Nokia C200

Nokia C200_
Layar IPS LCD 6.09 inci
Chipset MediaTek Helio A22
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
13 MP
(wide)
Baterai Li-Ion 4000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Tampaknya HMD Global memang ahli dalam hadirkan ponsel-ponsel terjangkau berkualitas tinggi. Kini juga telah hadir Nokia C200 yang fitur-fiturnya tidak kalah dengan ponsel di kelas atasna.

Perangkat yang diluncurkan pada acara CES 2022 di AS ini hadir dengan banderol harga 119 dolar, atau sekitar Rp1,7 jutaan. Ponsel ini dapat mendukung aktivitas ringan dengan cukup lancar. Namun, ia memang tidak dapat dipakai gaming berat karena hanya diotaki Helio A22.

Nokia C200 sudah hadir dengan perlindungan ekstra terhadap percikan air, atau bisa juga disebut dengan splash protection. Sehingga, tidak perlu lagi khawatir saat bodi terkena air hujan ataupun tetesan air minum.

Ponsel ini memang tawarkan layar 6,1 inci yang tergolong kecil. Ini karena, ia lebih dikhususkan untuk berikan pengalaman portabilitas yang unggul. Bagaimana tidak? Bobotnya hanya di kisaran 172,5 gram, membuatnya mudah dioperasikan dengan satu tangan.

Jika menginginkan ponsel Nokia yang terjangkau dan memiliki bodi compact untuk menunjang produktivitas harian, penulis sarankan Nokia C200.

4. Nokia C100

Nokia C100_
Layar IPS LCD 5.45 inci
Chipset MediaTek Helio A22
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
8 MP
(wide)
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Berada di bawah Nokia C200, Anda dapat menghemat lebih banyak budget jika membeli Nokia C100. Tenang saja, spesifikasinya tidak begitu berbeda jauh. Baterainya berkurang dari 4.000 mAh menjadi 3.000 mAh, namun masih tetap awet karena layarnya pun lebih kecil.

Layarnya yang hanya 5,45 inci pun bukan tanpa sebab. Ia sengaja dibuat demikian lantaran mengusung desain bodi Full View yang tampilkan bezel tebal di atas dan bawah. Ini cocok untuk Anda yang seringkali terganggu dengan penampakkan kamera depan.

Sejumlah fitur C200 pun turut hadir di sini. Ia sudah dikemas dengan Android 12, port USB-C, Bluetooth 5.0, WiFi Dual Band dan juga A-GPS.

Siapapun yang punya budget terbatas akan merasa cocok dengan Nokia C100. Apalagi jika berniat untuk memperkenalkan anak-anak/lansia terhadap teknologi smartphone.


———————————-

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carisinyal.com. Situs ini adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita).”